JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

INDIKASI KEGAGALAN METAKOGNITIF MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA TAHUN PERTAMA DALAM MEMBUKTIKAN PERNYATAAN SEDERHANA.

INDIKASI KEGAGALAN METAKOGNITIF MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA TAHUN PERTAMA DALAM MEMBUKTIKAN PERNYATAAN SEDERHANA.
Volume 6 - No 2
Tahun Publikasi: September 2016
Eka Resti Wulan, Yulia Izza El Milla, Bendot Tri Utomo
Download Artikel

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan indikasi kegagalan metakognitif mahasiswa dalam membuktikan “pernyataan sederhana” dan merupakan studi kasus pada mahasiswa pendidikan matematika tahun pertama program bilingual di Universitas Negeri Malang. Kemampuan membuktikan kebenaran pernyataan merupakan salah satu hal penting bagi mahasiswa dan guru matematika. Munculnya kesalahan yang dilakukan dalam membuktikan pernyataan dapat dikaitkan dengan kegagalan metakognitif. Indikasi kegagalan matekognitif diperoleh dari hasil kaitan kuisoner self-monitoring danP jawaban bukti mahasiswa. Data diperoleh dari hasil ujian tengah semester mata kuliah Basic Mathematics 1, hasil kuisoner self-monitoring, dan indept interview berbasis tugas. Temuan yang diperoleh adalah terdapat lima strategi yang digunakan subjek dengan jawaban “salah” dan terindikasi mengalami kegagalan metakognitif, di antaranya metacognitive vandalism sebanyak tiga mahasiswa, metacognitive blindness sebanyak tujuh mahasiswa, dan metacognitive impasse sebanyak tujuh mahasiswa. Selanjutnya, indept interview berbasis tugas dilakukan pada dua subjek dengan proses metakognitif paling baik berdasarkan kuisoner. Dari hasil wawancara, salah satu subjek yang awalnya terindikasi kegagalan metakognitif blindness dikonfirmasi mengalami kegagalan metakognitif mirage, dan untuk subjek lainnya indikasi kegagalan metakognitif cocok dengan kegagalan metakognitifnya, yaitu vandalism. Kegagalan metakognitif yang terindikasi dari hasil jawaban dan kuisoner dapat diverifikasi melalui indept interview berbasis tugas dilengkapi dengan aktivitas metakognitif.

Keyword

Kegagalan Metakognitif,Mengonstruksi Bukti,Pernyataan Sederhana
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak